Selasa, 14 April 2009

Kedokteran Unhas-INFO

FAKULTAS KEDOKTERAN MENDAPATKAN SERTIFIKASI ISO 9001 : 2000 SEJAK JANUARI 2009 PDF Print E-mail

ImageVisi untuk tahun 2010 Fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin akan diakui secara Nasional sebagai Fakultas Kedokteran yang terkemuka dalam bidang pendidikan dan penelitian yang tentunya tidak lepas dari sistem managemen yang berstandar baik secara nasional dan berkelas internasional.

ISO ( Organisasi Internasional untuk Standarisasi ) adalah suatu federasi dunia dari badan standar Nasional (anggota badan ISO).

Standar Nasional ini dapat dipakai oleh pihak internal dan eksternal termasuk badan sertifikasi untuk menilai kemampuan organisasi untuk memenuhi pesyaratan pelanggan (pengguna fasilitas pelayanan) dan persyaratan-persyaratan organisasi itu sendiri.

Oleh Fakultas kedokteran Universitas Hasanuddin(FKUH) sejak September tahun 2007 - Juli 2008 oleh dr. Anis Irawan Anwar,Sp.KK(K) berinisiatif untuk memperbaiki sistem pelayanan yang ada dengan mengangkat citra FKUH sebagai Fakultas yang memang dapat dibanggakan sebagai Fakultas Kedokteran yang terkemuka bekerja sama dengan pihak Konsultan Premysis Jakarta yang menerapkan Sistem Managemen Mutu ISO 9001 : 2000.



Oleh Dr.dr. Irfan Idris, M. Kes. selaku Pembantu Dekan II yang memegang esensi dari semua system yaitu mengenai hal dana pendanaan (keuangan) kegiatan FKUH serta pertanggungjawaban semua system yang ada terlibat langsung sebagai Manager Representative / QMR ISO FKUH meneruskan kearah yang lebih pasti dan bersertifikasi atas semua perbaikan baik dari segi managemen , dokumentasi pendukung , sasaran mutu , pedoman mutu serta segala prosedur audit internal maupun eksternal untuk suatu pengakuan dan apa yang telah diusahakan oleh Tim Proyek ISO 9001 – 2000 FKUH.

Tim Proyek ISO 9001 – 2000 FKUH adalah bagian /unit yang berperan penting dalam hal pelayanan kepada pelanggan ( pengguna fasilitas pelayanan/ mahasiswa) dalam hal ini sebagai tim proyek dari managemen ISO yaitu :

Prof.dr. Irawan Yusuf,Ph.D ( Dekan FKUH )
dr. Anis Irawan Anwar,Sp.KK(K) – Sep 2007-Juli2008 (QMR-Quality Manager Representative)
dr. Irfan Idris,M.Kes – Agustus 2008 sampai sekarang (QMR-Quality Manager Representative)
dr. Saidah Syamsuddin, Sp.KJ ( AMI – Audit Mutu Internal )
Muriani Mustamin,S.Kom (DCC-Document Control Centre )

Struktur Bagian / Unit :

MEU (Medical Education Unit),Unit Bimbingan & Konseling,Jurnal Medika Nusantara,PPDS(Program Pendidikan Dokter Spesialis),Kasubag Kepegawaian,Kasubag Akademik,Kasubag Kemahasiswaan, Kasubag Umum dan Perlengkapan, dan Keuangan.
Setelah diadakan audit dalam menjalankan Sistem Management Mutu ISO 9001 : 2000 dengan berbagai temuan-temuan yang cukup membuat surprise akan kelemahan ataupun yang menjadi kelebihan dalam system pelayanan FKUH yang tadinya telah beberapa kali diadakan revisi atas temuan audit dari pihak FKUH(internal) maupun Konsultan Sistem Management Mutu ISO 9001 : 2000 dari pihak Premysis(eksternal), hingga audit eksternal dari pihak Verification New Zealand Limited (VNZ) yang merekomendasikan sertifikasi ISO .
Pada akhirnya tertanggal 6 Februari 2009 oleh pihak Verification New Zealand Limited (VNZ) menerbitkan Sertifikat Pengakuan Standar Internasional Sistem Managemen Mutu dengan nomor sertifikat : 30041 dan berakhir masa berlakunya 6 Februari 2009.
Congratulation…..n keep good work.



Catatan dari Prof. Dr.Irawan Yusuf , Ph.D ( Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin )

Sebagai Pimpinan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin(FKUH) menyambut gembira atas sertifikasi Sistem Management Mutu FKUH meskipun ada beberapa temuan yang masih perlu perhatian khusus namun tidak mengurangi nilai daripada system pelayanan yang telah ada dan sebagai policy/kebijakan untuk para staff harus selalu bisa beradaptasi pada standar ISO dalam mewaspadai rotasi pegawai.
Menurut beliau Sertifikat hanyalah selembar kertas tetapi isi atau roh dari Sertifikat ISO 9001 : 2000 kiranya selalu mengingatkan kita agar dapat mempertahankan indicator yang sudah baik. Insya Allah…

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentar