Sabtu, 06 Juni 2009

INI BUAH PIKIRAN YANG TERINSPIRASI KETIKA NAFAS TERUS BERHEMBUS DAN SUARA HATI TERUS MELAFAZKAN KEBESARAN-MU TUHAN

ISHAK RANI

Dalam sebuah novel yang berjudul “ Mimpi – Mimpi Einstein”, Einstein menjelaskam bahwa Tubuh Manusia itu adalah sebuah waktu yang diperintah oleh saraf impuls kita dan terbangun atas cairan kimia yang bercampur dan jaringan sel yang mendapat informasi dari impuls saraf.
Sehungan dengan kecerdasan seseorang, kalau dikaitkan dengan penjelasan menurut Enstein ! maka dapat digambarkan bahwa setiap orang dapat melakukan apa saja sampai menjadi suatu kebiasaan tergantung mana yang disenangi, dan kemudian dikategorikannya sebagai Kecerdasan.
Dalam perkembangannya konsep kecerdasanpun mulai dipelajari oleh para intelektual dan diterbitkanlah buku-buku ang menjelaskan tentang kecerdasan manusia, yang antara lain:

1. Kecerdasan Spasial/Visual
Kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk melihat ruang disekitar. Mengenai kecerdasan ini aku sendiri agak kurang paham, tetapi aku pernah mengalaminya. Ketika suatu saat saya membersihkan kamar tidur dan saat itu timbullah niat saya untuk mengecatnya kembali, mungkin sekitar 9 jam saya berfikir untuk memilih warna cat apa yang paling cocok. Kemudian keesokan harinya saya mulai mengecat dengan warna biru hawai. Setelah pekerjaan itu selesai saya merasa senang dan bangga dengan warna itu, selain itu hampir setiap hari saya mendapat penilaian baik dari teman-teman yang hendak masuk dikamarku dan mengatakan bahwa saya memilih warna cat yang paling bagus, bukan hanya itu bahkan ada teman yang langsung pergi membeli cat dengan warna yang sama seperti yang saya pilih.

2. Kecerdasan Linguistik/Verbal
Kecerdasan ini menjelaskan tentang kemampuan seseorang untuk melihat maupun berkata-kata. “Kecerdasan ini sering selalu say amengalaminya hampir setiap saat dimana pun berada, namun yang paling saya rasakan dan menjadi kebanggaan dalam beberapa pengalaman yaitu saat saya dipercayakan menjadi ketua Osis saat SMU, pernah juara 2 pada Lomba Pidato tingkat SMU, menjadi KORLAP dalam demonstrasi Mahasiswa, bersama beberapa teman malakukan audence dengan PANGDAM 7 WIRABUANA Daerah Militer SUL SEL, saat dipercayakan dari MISEKTA bertemu dengan Bapak Menteri Pertanian Bungaran Saragih dan bapak/ ibu DIRJEN di kantor Menteri Pertanian RI, MENKOKESRA Bapak Yusuf Kalla dan masih banyak. Pada waktu-waktu itu tanpa saa sadari bahwa saya telahmengolah dan menggunakan kata-kata. Seperti itukah kecerdasan Linguistk !??????!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

3. Kecerdasan Interpersonal
Kecerdasan Interpersonal adalah kemampuan untuk nerinteraksi dengan orang lain. “Prinsip saya bahwa detiap kita mempunyai kelebihan dan kekurangan yang beda, oleh karena itu kita saling membutuhkan satu sama lain.Berinterakdi adalah proses untuk itu, namun tak bisa dipungkiri bahwa saat itu kita mempunyai kepentingan baik sama tujuan maupun berbeda-beda. Sebagai pegalaman waktu saya KKN di Desa Cabbeng, Kec. Dua Boccoe, Kab. Banteng. Saat itu mulai pertama tiba dan survei kami lagsung berusaha untuk mengenal lingkungan dan masyarakat setempat dengan menampaikan maksud dan tujuan kedatangan kami. Hari berjalan terus tanpa terasa, kami dan masyarakat semakin akrab seakan keluarga sendiri, dan yang paling terharu saat acara malam perpisahan suasana di desa seakan tidak ingin merelakan perpisahan, malam itu semua masarakat berkumpul dan hanya terdengar suara tangis dan terlihat tetesan air mata di pipi-pipi. Inikah akhir dari sebuah kebersamaan ....? Hanya waktu…..…..

4. Kecerdasan Naturalistik
Kecerdasan Naturalistisk adalah kemampuan untuk mengidentifikasi peoses alam. ”Menurut Saya kecerdasan ini merupakan suatu jimat kehidupan untuk terus bisa bangkit dalam menjalani hidup dibumi ini. Tanpa kecerdasan ini kita sebenarnya bodoh karena kita sendiri tidak mengetahui dimana kita berada, apalagi yang berhubungan dengan hukum alam yang sudah tentu kita harus jalani persaingan untuk memenuhi kebutuhan hidup kita. Bukan ratina bahwa kita harus bertuhan atas alam !

5. Kecerdasan Interpersonal.
Kecerdasan Interpersonal adalah kemampuan seseorang untuk mengenal diri sendiri. “Pada prinsipnya bahwa setiap orang memiliki kemampuan dan kekurangan masing-masing dalam konteks kesadaran diri, sehingga orang mampu menempatkan dirinya dimanapun keberadaannya, dalam kondisi apapun. Misalkan ketika saya berhadapan dengan seorang pejabat Negara, berhadapan dengan seorang guru, di depan orangtua, ataupun ketika berada ditengah-tengah pergaulan ang semakin tidak jelas.Kemudian kita harus sadar bahwa kita mempunyai kemampuan untuk meraih suatu penghargaan sama seperti yang dia peroleh, atau dengan kata lain *Dia bisa Kenapa saya tidak bisa !?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar